9.9.19

Tips Modifikasi Yamaha Mio Untuk Performa dan Tampilan

contoh modifikasi yamaha mio

Motor matic Yamaha Mio memiliki fans atau kalangan penggemarnya sendiri baik untuk penggunaan harian maupun untuk kepentingan modifikasi. Untuk kamu yang berkeinginan untuk memodifikasi motor Mio, berikut ini ada beberapa tips cara modifikasi motor Mio-mu agar dapat tampil bertenaga namun juga bergaya.

Lalu apa sajakah yang dibutuhkan? Catat poin yang penting untuk kamu ya.

1. Penggantian Knalpot

Untuk bagian pertama untuk modifikasi motor Mio, kamu bisa berfokus pada penggantian knalpot. Tak cuma membuat penampilan motormu berubah, pemilihan knalpot yang tepat dipadu dengan setting karburator dapat memberi pengaruh di sisi performa yakin bertambahnya power atau tenaga. Sekali lagi yang perlu digarisbawahi adalah pemilihan knalpot yang tepat, cari referensi yang tepat ya.

2. Filter

Selanjutnya untuk menambah tenaga motor Mio adalah dengan melakukan penggantian filter udara. Sama halnya dengan penggantian knalpot, filter udara yang tepat dapat menambah suplai udara ke ruang bakar, sehingga dapat meningkatkan performa. Penggantian filter tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar. Pemasangannya cukup mudah dan waktu yang dibutuhkan pun juga tidak banyak.

3. Sistem Pengereman

Setelah performa mesin meningkat, tentunya kamu butuh pengereman yang lebih pakem, apalagi motor matic tidak memiliki engine break, sehingga pengereman harus mendapat perhatian lebih. Pilihlah cakram dan kampas rem yang tepat agar remmu lebih pakem. Carilah referensi dari internet atau tanya ke teman-temanmu di club yang telah pernah melakukan penggantian rem.

4. Suspensi

Bagian penting lainnya yang juga penting untuk kenyamanan mengemudi adalah bagian suspensi. Hal ini dikarenakan suspensi dari settingan pabrik sangat sederhana. Terlebih apabila kendaraan atau motor Mio kamu ini sering digunakan untuk berboncengan, maka pengaturan suspensi yang baru akan dapat memberikan rasa yang berbeda. Banyak pilihan suspensi after market dengan harga yang bervariasi, sesuaikan dengan kantongmu.

5. Stang Kemudi

Mengganti handle bar, atau stang kemudi yang tepat dapat seketika merubah penampilan motormua. Pilihlah stang yang sesuai dengan gaya berkendara kamu, agar perjalanan menjadi lebih nyaman. Jangan sampai demi penampilan, motormu justru sulit dikendalikan.

modifikasi yamaha mio

6. Lampu Motor

Sisi lainnya yang juga bisa kamu pilih untuk modifikasi motor mio baik di sisi kenyamanan berkendara dan juga penampilan adalah bagian lampu motor. Penggantian lampu motor ini bisa diubah menjadi lampu LED. Harga dari lampu motor yang baik kualitasnya tidak terlalu mahal dan juga pemasangannya sangat sederhana. Modifikasi lainnya seperti pemasangan projie juga bisa dipilih.

7. Velg Atau Pelek

Selanjutnya kita mulai masuk pada modifikasi untuk kepentingan penampilan, tidak hanya performa saja. Bagian velg atau pelek ini bisa dibilang membutuhkan modal cukup tinggi. Kamu bisa memilih model ceper atau model ban besar. Tentunya pemilihan velg tersebut akan berdampak pada performa dimana ban yang lebih besar pastinya membutuhkan tenaga lebih.

8. Pewarnaan Bodi

Modifikasi motor Mio selanjutnya kini berfokus pada penampilan dan di poin ini adalah pada pewarnaan bodi agar terlihat lebih custom. Ada beberapa pilihan untuk pewarnaan bodi ini yakni stickering atau pewarnaan dengan airbrush.

airbrush yamaha mio

Stickering ini sendiri bisa dengan penempelan sticker khusus seluruh bodi atau sebagian saja yang memiliki harga lebih murah ketimbang airbrush.

Meskipun demikian untuk airbrush tentunya lebih terlihat seni dan juga kompleks sehingga kamu sebaiknya juga mempersiapkan konsep yang hendak kamu bawa dan juga tentunya menyesuaikan dengan dana yang kira-kira akan dibutuhkan.

Itulah beberapa cara modifikasi motor Mio yang bisa kamu coba mulai dari awal hingga tahap selanjutnya. Namun, bukan berarti kamu harus mencoba semuanya. Kamu bisa melakukan beberapa dari poin diatas atau menyesuaikan dengan modal yang kamu miliki. Tentu kamu bisa mencoba modifikasi secara bertahap dalam jangka panjang.

Perlu diingat bahwa modifikasi motor hendaklah selalu memperhatikan peraturan yang berlaku. Jangan sampai modifikasi yang kamu lakukan malahan mengganggu kenyamanan pengguna jalan yang lain. Misalnya knalpot yang terlalu berisik, atau warna lampu yang tidak sesuai.

Semoga artikel tips modifikasi Yamaha Mio ini bisa jadi referensi.

0 komentar:

Posting Komentar