24.9.19

Beberapa Gaya Modifikasi Yamaha Vixion Yang Bisa Jadi Referensi

modifikasi yamaha vixion

Yamaha Vixion merupakan salah satu jenis kendaraan roda dua produksi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang cukup mendapat perhatian hangat di tengah masyarakat Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya pengguna motor Vixion yang dapat dengan mudah kita temui di jalan, serta klub motor Vixion yang tumbuh di mana-mana.

Yamaha Vixion juga sering dijadikan bahan modifikasi berbagai gaya. Berikut ini ulasan berbagai macam modifikasi dengan bahan Yamaha Vixion:

1. Gaya Adventure


modifikasi yamaha vixion bergaya adventure

Melakukan perubahan Yamaha Vixion yang aslinya berkesan sporty, menjadi sebuah motor adventure tentu lah tidak mudah, dan tidak murah. Namun buat kamu yang suka adventure dan melibas jalanan off road, modifikasi ini perlu kamu coba agar hobimu tetap tersalurkan.

Banyak ubahan yang harus dilakukan, termasuk merubah rangka, jok, tangki, lampu depan, lampu belakang, spakbor, dan tentu saja ban, baik depan maupun belakang. Lumayan juga ya modalnya.

Untuk memodifikasi rangkanya, sebaiknya kamu percayakan kepada bengkel modifikasi yang telah berpengalaman. Sedangkan aksesoris-aksesoris yang lain, banyak pilihan tersedia di toko-toko online. Kamu bisa memilih sesuai dengan selera serat budget yang tersedia.

2. Gaya Full Fairing


modifikasi yamaha vixion full fairing

Yamaha Vixion juga bisa tampil semakin sporty dengan pemasangan full fairing, layaknya motor balap yang digunakan di MotoGP. Dengan pemasangan yang rapi dan konsep yang matang, gaya full fairing ini bisa mengubah motor Vixion kita tampil lebih keren.

Di sisi modal untuk modifikasi ini bisa terbilang mahal, bisa juga tidak begitu mahal. Kunci yang paling penting adalah bagaimana kita mendapatkan material-material yang akan kita pasang pada motor ini, sehingga biaya dapat ditekan.

Yang penting juga menjadi pertimbangkan adalah pemilihan bahan fairing, sebaiknya pilihlan bahan palstik untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Hindari bahan fiber glass, karena selain berat, bahan ini cenderung kurang rapi finishing-nya, serta mudah retak karena panas.

Fairing yang telah terpasang akan semakin keren jika kamu melakukan pengecatan dengan baik, serta memasang stripping yang sesuai.

3. Gaya Jari-Jari


yamaha vixion velg jari-jari

Modifikasi Yamaha Vixion yang juga sering dilakukan adalah merubah velg bawaan pabrik dengan velg jari-jari. Selain membuat penampilannya semakin Thailook, modifikasi ini juga membuat bobot motor lebih ringan. Oleh karena itu, modif gaya ini sering diaplikasikan oleh pengemar kecepatan, atau pebalap drag.

Sayangnya banyak yang memasang velg yang terlalu kecil, bahkan seperti velg sepeda gowes. Ini tentu saja berbahaya jika digunakan di jalan raya. Selain itu kamu bisa jadi sasaran tilang jika bertemu polisi di jalan.

4. Gaya Cafe Racer


modifikasi yamaha vixion caferacer

Salah satu gaya modifikasi yang saat ini sedang populer adalah modifikasi bergaya motor sport klasik, termasuk bergaya cafe racer. Hanya saja, gaya modifikasi untuk Cafe Race ini bisa dibilang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika menginginkan hasil finish yang rapi dan keren.

Modifikasi ini dimulai dari perubahan rangka bagian belakang dan penggantian jok yang memiliki buntut tawon khas cafe racer. Tangki bensin bawaan Yamaha Vixion juga harus kita lepas, dan diganti dengan tangki cafe racer.

Selanjutnya stang kemudi, lampu depan, belakang, dan kaki-kaki juga harus mendapat sentuhan, untuk mendapatkan pakem cafe racer. Bahan-bahan modifikasi kini sudah banyak dijual di berbagai toko online. Selain kamu bisa melihat gambar-gambarnya, kamu juga bisa membandingkan harganya dari satu lapak dengan lapak lainnya untuk mendapatkan harga terbaik.

Nah, itulah beberapa gaya modifikasi motor Vixion yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Namun seperti biasa, faktor keselamatan dan kenyamanan berkendara harus tetap menjadi perhatian utama. Modifikasi juga sebaiknya tidak melanggar peraturan lalu lintas yang berlaku.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan perencanaan biaya modifikasi, agar biaya yang kamu keluarkan tetap terkontrol, tidak menggelembung atau bahkan dana habis sebelum modifikasi motor selesai.

0 komentar:

Posting Komentar