18.9.19

Aksesoris Modifikasi Motor Yang Sebaiknya Dilepas Saat Musim Hujan

part modifikasi yang berbahaya

Kita sudah berada di bulan September, itu artinya musim hujan akan segera datang. Untuk para pengguna motor mungkin sudah saatnya menyiapkan jas hujan sebelum hujan bukan? Namun ternyata tidak itu saja. Ada beberapa aksesoris modifikasi motor yang sebaiknya dilepas saat musim hujan karena membahayakan.

Kira-kira apa saja part tersebut? Berikut beberapa di antaranya!

1. Ban Cacing

Untuk kamu penganut aliran modif seperti Thailook atau aliran lainnya yang mengandalkan ban cacing, sudah saatnya untuk mengistirahatkannya sejenak. Alasannya adalah karena ban cacing ini sangat rawan digunakan saat musim hujan. Penjelasan sederhananya, semakin tipis ban maka akan semakin kurang pula daya cengkramnya.

Oleh karena itulah, sebaiknya part modifikasi motor yang satu ini kamu simpan dulu sementara saat musim hujan. Ini demi keselamatan, daripada kamu tergelincir dan jatuh di jalanan becek.

2. Lampu Halogen

Pemasangan lampu halogen sebagai salah satu part modifikasi motor yang sedang populer ini sepertinya juga sebaiknya diistirahatkan sementara. Alasannya, di musim hujan lampu halogen ini tidak akan membantumu memberikan pandangan lebih baik layaknya di saat musim kemarau. Apalagi jika daerahmu juga termasuk daerah yang sering berkabut.

Kesan modern lampu halogen memang banyak diincar, namun secara ilmiah lampu berwarna kuning memiliki panjang gelombang yang lebih tinggi ketimbang lampu putih yang dihasilkan oleh lampu halogen. Penggunaan lampu standar juga direkomendasikan selama musim hujan nanti.

3. Handgrip atau Footstep Alumunium

Part modifikasi motor yang sebaiknya juga dilepas saat musim hujan adalah handgrip atau footstep alumunium. Part ini juga banyak digunakan untuk modifikasi sederhana, namun di musim hujan, kamu malah akan kehilangan grip karena air. Jadi sebaiknya kamu mengganti dengan yang standar dulu sementara.

Sedangkan untuk footstep meskipun seringkali dianggap tidak akan masalah namun juga akan lebih baik juga diganti dengan yang standar dulu terutama bagian pembonceng yang sering naik dan turun menggunakan footstep ini. Apabila terkena air, footstep berbahan alumunium sangat licin dan bisa membuat pengendara tergelincir kakinya.

Itulah beberapa part modifikasi motor yang sebaiknya dilepas saat sudah mendekati musim hujan. Selain untuk kenyamanan kamu berkendara, ini juga akan menjaga keamanan dalam berkendara baik kamu sendiri maupun pengendara lainnya di jalan.

Sebagai tambahan, berikut ada beberapa part motor yang sebaiknya kamu perhatikan saat musim hujan:

4. Mika Lampu Belakang

Jika mika lampu belakangmu saat ini sudah rusah, atau bahkan sudah terlepas, maka sebaiknya segera kamu ganti dengan baru. Alasan pertama adalah karena akan membuat silau pengendara di belakang saat lampu belakangmu menyala. Kedua adalah saat musim hujan lampu belakangmu tak memiliki perlindungan dari air sehingga bisa menyebabkan korsleting pada perkabelan atau bahkan membuat lampumu mati karena korslet tersebut.

5. Spatbor

Periksa kembali spatbor alias fender depan dan belakang. Pastikan spatbormu dalam kondisi bagus, agar dapat menahan cipratan air. Jika sudah rusak, atau bahkan sudah kamu lepas, maka sebaiknya kamu ganti atau pasang kembali, dari pada bajumu kotor karena cipratan air dan lumpur.

Bagaimana? Apakah ada beberapa part modifikasi motormu yang perlu dilepas dan diganti ke versi standarnya selama musim hujan? Jika iya, kamu bisa melakukannya secara bertahap dengan menggantinya di rumah. Tetap aman dan nyaman selama berkendara di musim hujan!

1 komentar:

  1. Kok halogen juga bro, bukannya halogen justru lebih baik saat hujan? Rata2 motor standar jg halogen kan?

    BalasHapus